Prodi Studi Agama-Agama mengadakan Seminar Nasional Moderasi Beragama dengan Menggandeng UIN Surakarta dan UIN Semarang dalam Rangka Menyambut HUT RI ke 77 dengan Tema :” Kemerdekaan dan Urgensi Penguatan Wawasan Moderasi Beragama”. (Senin, 22 Agustus 2022)

Seminar nasional dihadiri oleh Bapak Dr. Ahmad Isnaeni, M. A selaku Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung dan turut memberikan kata sambutan pada kegiatan seminar nasional, Bapak Dr. Suhandi, M. Ag selaku Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, dan Bapak Dr. Shonhaji, M. Ag selaku Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

Seminar ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting yang di moderatori oleh dosen muda Prodi Studi Agama-Agama yakni Ibu Siti Huzaimah, S. Sos., M. Ag. Adapun narasumber pada kegiatan seminar ialah Ibu Alfina Hidayah, BA., M. Phil selaku dosen UIN Raden Mas Said Surakarta dan sangat berpengalaman karena merupakan merupakan lulusan Universitas Islamabad.

Narasumber yang kedua ialah Bapak Thiyas Tono Taufiq, S. Th. I., M. Ah selaku dosen UIN Walisongo Semarang dan Managing Editor Teasofia: Indonesia Journal of Islamic Mysticism. Beliau merupakan lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Seminar berlangsung meriah dan diikuti oleh berbagai kalangan diantaranya Dosen, mahasiswa UIN yogya, mahasiswa UIN Semarang, mahasiswa UIN Surakarta dan juga mahasiswa FUSA UIN RIL serta terdapat beberapa masyarakat umum yg tertarik dengn tema seminar ini. Adapun materi yang dapat ditarik kesimpulan bahwa “setiap agama telah mengatur moderasi walaupun tidak ada kata yang serupa menggambarkan moderasi, namun terdapat beberapa padanan kata seperti wasathiyah”. Seminar berlangsung dengan kondusif dan meriah diiringi pertanyaan dari beberapa peserta seminar nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *